Membuat Alat Pengukur Kebutuhan Pupuk Urea

Membuat Alat Pengukur Kebutuhan Pupuk UreaPusat Penjualan Alat Mesin Pertanian | Alat Pertanian | Mesin Pertanian | Alat Perontok Padi | Mesin Perontok Padi – Bertani mungkin akan kita anggap sebagai hal yang mudah, benar apabila orang tersebut sudah berpengalaman dalam pertanian, tapi bagi mereka yang belum mempunyai pengalaman tentu saja akan cukup kesulitan. Dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana cara membuat alat untuk pengukur kebutuhan pupuk urea yang diperlukan oleh tanaman. Karena bisa jadi bagi mereka yang belum terbiasa memupuk tanaman bisa saja memberikan pupuk dengan takaran yang salah, terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi hasil dari tanaman yang kita tanam. Dengan adanya alat ini diharapkan kebutuhan akan pupuk urea pada lahan dapat diapliakasikan secara tepat.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara-cara pembuatan alat pengukur kebutuhan pupuk urea, yaitu :

Alat dan bahannya untuk membuat alat pengukur kebutuhan pupuk urea:

1 buah VU meter, 10 cm kawat tembaga berdiameter 2 ml, dan 10 cm kawat besi berdiameter 2 ml.

Cara membuat alat pengukur kebutuhan pupuk urea:

Sambungkan ujung positif VU meter pada kawat besi, ikatlah dengan kuat dan diberi selotip pada bagian sambungannya. Kemudian sambungkan ujung negative VU meter pada kawat tembaga. Jadilah alat pengukur kebutuhan pupuk urea tersebut,, mudah bukan?

Bagaimana cara menggunakan alat pengukur kebutuhan pupuk urea :

Tancapkan kedua ujung kawat alat pengukur tersebut pada tanah sawah yang basah, apabila tanahnya kering ambillah sampel tanah kemudian basahi dengan air baru kedua ujung kawat tadi ditancapkan. Lihatlah pergerakan jarum pada skala UV meter. Apabila jarum bergerak tidak mencapai angka 1 maka tanah tersebut masih membutuhkan pupuk urea 8,5 kg / 1000 m2. Apabila jarum bergerak melebihi angka 1 kita tinggal menambahkan pupuk urea sebanyak 2,5 kg/ 1000 m2. Kemudian apabila jarum alat tersebut bergerak melebihi angka 2,5 itu berarti tanah sawah tersebut sudah tidak memerlukan tambahan pupuk urea lagi.

Itulah cara mengenai membuat alat pengukur kebutuhan pupuk urea. Semoga bisa dimanfaatkan. Bagi Anda yang membutuhkan alat mesin pertanian, silahkan hubungi Estu Karya Telepon (0272) 552607 dan email: estukarya@gmail.com

Incoming search terms:

  • cara membuat alat perontok padi
  • cara membuat pupuk urea
  • Cara penggunaan pupuk urea
  • cara menggunakan pupuk urea

Related posts:

Dikembangkan oleh